[Bali-Gili Trawangan Trip] Day 4

Posted on 4:22 pm

Minggu, 13 November 2011

Hari ini hari terakhir kita liburan di Gili Trawangan. Hiksss.. Rasanya masih pengen leyeh-leyeh disini. But, show must go on. Daripada sedih-sedih aja, yuk mari kita maksimalkan waktu untuk explore sisa pulau ini yang belum kita jamah kemarin :D Pagi-pagi banget *pagi bangetnya kita jam setengah 7 ya..hehe*, saya dan si mas udah siap dengan sepeda sewaan masing-masing. Ga tau mau kemana tapi mau jalan aja sepanjang pulau ini. Kita jalan ke arah utara. Sepedaan terus sampe rasanya udah ujung-ujung. Saya sih berharapnya sepedaan pagi itu bisa ngiterin satu pulau ini. Tapi ngimpi kali yaa, ternyata pulaunya gede begitu. Hahaha.. Ditambah kondisi track sepedaan kita nih, yang makin ke ujung makin sepi makin ga ada apa-apa dan jalanannya jadilah pasir semua isinya. Sepedaan di pasir itu berat, sampe kita harus bolak-balik nuntun sepeda pas emang jalanannya berpasir banget. Dan makin jauh makin ga ada orang. Sampe kita udah sepedaan sejam, entah udah berapa kilo tapi ga juga satu pulau dapet diputerin. Sampe akhirnya ada papan penunjuk bertuliskan “shortcut to town, 1300 M”. Hahahaha…. Lumayaaannn.. Udah ga kuat kalo suruh maksa ngelilingin pulau, mending ambil jalan pintas dan, 15-20 menit kemudian nongol lagi deh kita di pusat keramaian. Hihihihi..

Sepedaan segitu jauh cape dan lapernya ga ketulungan. Dan kitapun bingung mau sarapan apa, karena tempat-tempat makan disana bukanya siang-siang :( Akhirnya nemu orang jualan di pinggir jalan, dia jualan nasi ayam. Cuma nasi, ayam belado, sama tempe dibungkus. Lumayanlah daripada ga makan. Sebungkusnya seharga 10ribu. Langsung jalan lagi ke hotel, dan ternyata di hotel dapet sarapan gitu. Hahaha… Salut deh, disini walaupun bukan hotel gede tetep ngasih kita sarapan juga. Dan lagi-lagi sarapan ala bule, toast bread plus omelette. Lumayan buat sarapan sih kenyang yah :) Dan akhirnya nasi bungkus yang tadi dibeli malah ga kemakan, tapi tetep kita bawa untuk kalo laper di jalan menuju Bali nanti.

Jam setengah 10 udah rapi semua, check out, balikin sepeda, trus jalan ke tempat agen fastboat kita. Sampe sana nuker kwitansi dengan tiketnya, dan ternyata kapalnya baru jalan jam 11 nanti. Jadi kita jalan-jalan lagi nyari es krim. Beli deh es krim gelato disana. 15ribu daper 1 scoop banyak yang rasanya enak :D Begitu fastboat dateng, kita langsung naik deh. Kali ini si mas minta saya nyobain naik di atas, karena waktu berangkat kan saya duduk di dalem kapal aja tuh. Kata dia di atas dek kapal lebih asik, dan siapa tau bisa liat lumba-lumba :)

Semangat nih kita walaupun panas-panas, berjemur bareng bule-bule di atas kapal. Ternyata eh ternyata, pas pulang itu ga selancar waktu berangkat, angin dan ombaknya kenceng banget. Ampuuunnn.. Muka rasanya kaya ditampar-tampar. Dijamin langsung masuk angin saya deh. Mana ombaknya gede banget, udah kaya naik kora-kora selama satu jam di dufan. Hahaha.. 1,5 jam dihajar angin di atas kapal akhirnya nyampe juga di PadangBai, Bali. Sampe PadangBai udah jam 1 siang dan kita langsung dianter pihak fastboat nya ke hotel kita di daerah Kuta. Dan maceeettt sodara-sodara! Nyampe Kuta udah jam setengah 3, saya belum makan siang pula, lapernya ga ketulungan deh. Untung tadi nasi bungkus yang dibeli di Gili Trawangan dibawa, jadi deh makan itu. Itu nasi bungkus persis nasi kucing, nasinya banyak banget, lauknya seiprit. Berhubung saya laper banget, enak aja deh rasanya :)

Dan sore itu di Bali akhirnya hujan. Tapi untung saya udah nyewa mobil. Tapi bingung mau kemana kita. Hahaha.. Mana udah sore, hujan, ke pantai juga mau ngapain hujan-hujan di pantai? Akhirnya kita putuskan untuk ke toko oleh-oleh. Mampirlah di toko oleh-oleh yang terkenal seantero Bali, namanya Krisna. Asli yah barang-barang di Krisna ini, saya yang ga doyan-doyan amat belanja sampe kalap ga jelas. Si mas yang ga doyan belanja, yang biasanya kalo nemenin saya belanja udah grasak-grusuk sendiri pun kalap. Apa sih yang dibeli, Git? Yang engga-engga aja juga. Dibilang beli oleh-oleh juga kebanyakan yang dibeli ya buat saya juga. Hahaha… Saya kalap liat kalung-kalungan batu ala Bali yang kalo dijual di ITC ataupun di online shop mahal-mahal amat, eh di Krisna cuma 10ribuan aja gitu. Malah ada yang cuma 7ribu. Aiihhh mak, mataku tak sanggup. Hahaha.. Langsung deh beli buat saya, buat ade saya, buat kakak ipar saya. Hahaha. Trus ke tempat tas-tas selempang ala Bali, si mas aja sampe dengan hebohnya “ihh tas yang ini cocok nih sama kerudung kamu yang itu, beli aja”. Wanita mana yang ga seneng kalo suaminya bilang gitu? Hahaha.. Ditambah lagi ke tempat produk-produk spa macem lulur, body butter, aromatherapy, dan kawan-kawannya. Sampe beli body butter entah berapa biji deh saya. Dan ke tempat baju-baju dan celana pantai. Disini si mas yang kalap. Segala dia borong celana-celana pendek keren-keren tapi murah :) Plus ga lupa tentunya beli oleh-oleh kacang-kacangan :) Jadi sodara-sodara, kalo ke Bali dan ga punya waktu banyak untuk mampir belanja ke Sukawati, disini udah cukup banget. Barang-barangnya bagus, murah, ga perlu nawar.

Dan, si temen saya yang liburan bareng saya itu, awal masuk Krisna ini ngomong gini ke saya “Eh entar bayarnya gabung aja ya pake kartu kredit gw dulu. Soalnya disini kalo bayar pake card minimal 200ribu”. Ternyata pas selesai belanja, saya sama dia sama-sama 500ribu sekian aja gitu. Hahaha.. Ngaco deh, tapi ya sudahlah, namanya kita liburan seneng-seneng yah :) My excuse, semua barang-barang yang saya beli di Krisna itu emang semua yang khas Bali, yang sebenernya pasti ada sih di Jakarta *apa sih yang ga ada di Jakarta* tapi kalo beli di Bali ini harganya jauh jauh jauh lebih murah :D Enaknya belanja di Krisna, ada jasa packingnya juga. Jadi barang kita boleh minta di-packing-in langsung pake kardus dan di tali, jadi tinggal siap bawa aja. Praktis :) Untuk 1 kardus cuma bayar 5ribu udah rapi :)

Ga berasa yah, ternyata kita-kita ini 2 jam aja gitu belanja di Krisna. Hahaha… Abis dari Krisna saya mampir dulu makan di Nasi Pedes Bu Andika, letaknya juga masih deket sama Krisna, sekitaran jalan raya Kuta. Nasi Pedes Bu Andika ini terkenal banget yah kayanya. Ternyata itu nasi pake lauk yang kit apilih sendiri, ada sate, usus, ikan asin, abon, mie goreng, dll, dan dipakein sambel. Sambelnya itu yang mantep bok! Nendang banget pedenya. Si mas yang hobi pedes doyan banget makan di Bu Andika ini.

Malemnya kita mau liat suasana di Jimbaran. Ok, saya tau makan di Jimbaran ini mahal, dan tagihan kartu kredit saya pun udah nambah 500ribu lebih gara-gara belanja di Krisna, jadi kita cuma pengen liat suasana Jimbaran yang diomongin orang-orang, sekeren apa sih. Lagian kalo cuma makan di pinggir pantai aja sih kemaren udah puas di Gili Trawangan, dari sarapan sampe makan malem *sombong*. Dan sampe Jimbaran, langsung menyusup ke Menega, restoran paling terkenal seantero Jimbaran itu, menyusup sampe ke belakang. Untung ga ada mas-mas atau mba-mba yang tiba-tiba “Brapa orang Mba?”. Hahaha.. Begitu masuk tempat makannya yang bener-bener di pinggir pantai itu, ihhh keren yah. Hahaha… Iya sih kemaren di Gili juga begini juga, sama kerennya, tapi rasanya pengen loh nyobain makan disini *inget dompet woyyy..inget*. Nasib yah duitnya terbatas, lupakan saja makan di Jimbaran. Yang penting udah bisa cerita di Jimbaran itu kaya apa sih. Hahaha..

Akhirnya kita jalan aja terus naik mobil sampe ke arah uluwatu yang jauhnya ampun-ampun yah, dan akhirnya puter balik arah ke Nusa Dua. Masuk Nusa Dua pun entah mau ngapain, dan pas barengan sama persiapan KTT ASEAN dimana hari itu udah banyak pejabat dateng, ribet deh dikit-dikit minggir karena banyak sweeping jalanan. Jauh-jauh sampe ke Nusa Dua akhirnya kita makan ayam betutu di deket Ngurah Rai. Ayam betutu rasanya itu mirip gule atau apa yah, tapi kering. Enak sih menurut saya.

Selesai makan ayam betutu ini saya udah ga sanggup lagi, pengen balik ke hotel. Efek tadi gaya-gayaan naik fastboat duduk di dek nya diterpa angin kenceng itu, saya masuk angin parah. Batuk, pilek, badan panas, kepala pusing banget. Sampe hotel udah ga sanggup packing dan ngapa-ngapain. Pengennya tidur aja poko’nya. Dan beruntung saya punya suami yang baik hati ini, tengah malem dia bangun nge-packing-in semua barang-barang kita. Karena besok paginya kita flight pagi. Pas saya bangun pagi-pagi udah rapi aja gitu semua barang-barang kita. Huhuhu. I love u deh mas. Hihihihi :)

Semua cerita liburan Bali-Gili Trawangan bisa diakses disini yah :)

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo!